Wednesday, March 8, 2017

Cara mengurangi sensitif sensor getar pada alarm motor remote

Cara mengurangi sensitif sensor getar pada alarm motor remote

Berikut adalah cara mengurangi sensitif pada alarm motor remote (Agiva)
berlaku juga pada alarm motor remote yang sejenis.
Pertama buka dulu baut main unit alarm nya, lalu lihat lah disitu ada beberapa gulungan atau spoel.
Nah fokus kita adalah ke bagian sensor getar, ciri tersebuat biasanya ada gulungan per spiral yang di tengahnya ada magnetnya dan warna per nya chrome bisa juga di bilang silver mengkilat, bukan gulungan kawat email yang warna tembaga, yang gulungan tembaga hati-hati jangan di utak atik, karena itu ada kaitannya frekwensi radio remote dengan main unit alarm motor nya.
Seperti apa sensor tersebut, berikut penampakannya:


Setelah terlihat sensor getar yang di maksud saatnya kita mulai menyetel tingkat kesensitifannya,
Pertama kita lakukan adalah coba simulasikan dulu kerja alarm motor tersebut pasang setrum pada kabel merah dan hitam lalu posisikan menggunakan remote pada posisi lock atau tekan gambar gembok tertutup pada remote alarm motor, lalu sentil main unit menggunakan jari kita, intinya memberi getaran pada main unit alarm motor, lakukan berkali kali sampai hafal rasanya, dan rasakan tingkat sensitifnya sebelum kita utak atik nanti, agar nanti bisa kita bedakan sebelum dan sesudah melakukan cara mengurangi sensitif sensor getar pada alarm motor remote nya.


Nah cara mengurangi sensitif sensor getar pada alarm motor remote sebetulnya sangat mudah, anda bisa melakukan dengan cara merapatkan tingkat kerenggangan sepiral per, atau bisa juga dengan cara meneteskan lem bakar / lem lilin ( warnanya putih susu bening, agak kenyal dan akan lumer jika terkena panas yang tinggi ). Teteskan lem tersebut pada sensor getarnya sampai berkurang kadar getarnya. Jika tidak ada lem bakar bisa juga dengan lem lainnya yang penting lem tersebut akan cepat kering, karena kita akan bisa segera tahu perubahannya. 

Seperti apa penetesan Lem tersebut berikut penampakannya:

Setelah selesai penetesan lem dan sudah kering beberapa saat, kita harus mengujinya kembali dengan cara simulasikan atau ujicoba kerjanya seperti yang pertama kita lakukan saat sebelum penetesan lem bakar tersebut, dan rasakan bedanya.

Pada prinsipnya semakin banyak lem yang di teteskan ke spiral per alarm remote maka akan semakin berkurang daya getarnya dan otomatis akan mengurangi sensitif sensor getar pada alarm motor remote.

Lakukan tes uji sampai kita mendapatkan tingkat kesensitifan yang di maksud dengan cara menyentilkan jari kita pada main unit nya dan lakukan secara berulang ulang.

Demikian ulasan cara mengurangi sensitif sensor getar pada alarm motor remote. semoga bermanfaat, dan apabila pembaca menemui kendala silahkan hubungi saya di sini

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
tangerang, Banten, Indonesia